32 Contoh Dialog Interaktif Terbaru 2017 TV One, Metro TV

Contoh Dialog Interaktif singkat yang menangkat tema dan isu yang sedang hangat baik dalam dunia pendidikan, politik dengan narasumber dan pembawa acara terbaik yang pas dijadikan sebagai sumber belajar bahasa indonesia untuk SMP kelas 9 dimana akan kami hadirkan dalam artikel kali ini kepada sahabat semua ok langsung saja cek yuk dibawah ini lengkap informasinya yang bisa anda baca sampai tuntas.

Pengertian dan contoh teks dialog Interaktif tidak lain adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh beberapa orang dimana ada pewawancara dalam sebuah acara resmi dan tidak resmi dengan mengangkat sebuah topik dan terkadang bisa melalui siaran radio juga karena adanya sesi tanya jawab biasanya ok langsung saja dibawah ini conrohnya.

Contoh Dialog Interaktif Singkat

Kick Andy – Abraham Samad Perilaku Korupsi di Indonesia
Nama Acara       : Kick Andy.
Stasiun Tv          : Metro TV.
Waktu                 : Pukul 20.05 WIB, Jum’at 3 Okt 2014.
Pembawa Acara  : Andy Flores Noya.
Narasumber        : Dahlan Iskan.
Tema                    :Masalah tindakan-tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang kontroversial
Pembahasan        : Tanpa melibatkan pemirsa.
Dialog                 :
  • Andy     : Selamat malam bapak menteri.
    Dahlan  : Selamat malam.
  • Andy     : Apa yang anda pikirkan sebenarnya sehingga Anda tidak mau menerima fasilitas untuk anda sebagai menteri?Dahlan   : Hidup kita harus sederhana, karena kita nanti pasti tidak jadi apa-apa. Supaya kalau kita sudah tidak jadi apa-apa, kita tidak merasa kehilangan. Pada akhirnya kita juga pasti kehilangan yang paling mahal, yaitu nyawa. Kalau kita sudah latihan tidak keberatan kehilangan apapun, pasti kita tidak keberatan bila harus dipangil tuhan untuk kehilangan nyawa.
  • Andy     : Siapa orang yang paling berjasa untuk Anda dalam meraih kesuksesan Anda?
    Dahlan  : Pertama adalah orang tua saya, yang telah membesarkan saya. Kedua adalah kakak perempuan saya yang ada di Samarinda yang telah membiayai hidup saya dan adik saya setelah orang tua saya meninggal.
  • Andy     : Mengapa tanggal lahir Anda tidak bisa dipastikan?
    Dahlan  : Ketika saya lahir, kakak saya menuliskan tanggal lahir saya di balik pintu lemari. Suatu saat ibu saya sakit parah dan tidur di rumahnya dukun selama 1 bulan. Bapak saya tidak kerja karena menemani ibu saya. Karena tidak ada penghasilan dari Bapak, maka barang-barang di rumah dijual termasuk lemari yang bertuliskan tanggal lahir saya.
  • Andy      : Bagaimana cara Anda melalui masa-masa sulit dalam kemiskinan?
    Dahlan   : Saya merasa tidak menderita karena kemiskinan. Saya menerima apa adanya, karena bagaimanapun keadaannya, hidup harus dijalani.
  • Andy      : Sejak kapan Anda mengabaikan fasilitas-fasilitas negara yang diberikan untuk Anda?
    Dahlan   : Sejak menjadi Direktur Utama PLN. Banyak orang yang mengatakan PLN itu sarang korupsi. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menerima gaji, mobil dinas, dan rumah dinas dari PLN.
  • Andy      : Apa yang terjadi dengan hati Anda dan adakah pengaruh dari operasi ganti hati pada kegiatan Anda sehari-hari?
    Dahlan   : Awalnya saya mengidap Hepatitis B, kemudian saya terkena kanker hati dan umur saya diperkirakan tinggal 6 bulan. Maka saya menjalani operasi ganti hati dan syukurlah sekarang saya tidak cepat lelah ketika bekerja.
  • Andy    : Apa yang mendasari Anda untuk melakukan tindakan-tindakan kontroversial seperti naik ojek, dan tidur di rumah petani di desa?
    Dahlan  : Ketika saya naik ojek, saat itu benar-benar macet sehingga saya harus naik ojek agar tepat waktu. Ketika saya tidur di rumah petani, saya ingin mengetahui kenapa orang miskin sekarang begitu menderita. Saya juga ingin mencari cara untuk memecahkan kemiskinan sedikit demi sedikit.
  • Andy     : Apabila dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden, maukah anda menerimanya?
    Dahlan  : Saya tidak mau jadi presiden atau wakil presiden saya ingin terus bekerja sebagai Menteri BUMN semampu saya.
  • Andy     : Di mana sajakah Anda menerima pendidikan formal Anda?
    Dahlan   : Saya menerima pendidikan formal saya yaitu SD, SMP, dan SMA di kampung halaman saya. Kemudian saya ikut kakak saya ke Samarinda untuk kuliah di IAIN. Karena orang yang mau kuliah di Samarinda masih sedikit, saya mudah mencari kuliah di sana.
Kesimpulan Dialog

Masalah tindakan-tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang kontroversial saat ini sedang menjadi topik pembicaraan di TV. Inti pembicaraan dari dialog interaktif itu adalah bagaimana seorang anak yang dulunya tidak punya sepatu dan hanya menginginkan mempunyai sepeda dan sepatu bisa sukses menjadi seorang pejabat negara yang dikagumi oleh masyarakat.

Dalam sebuah dialog TV tanggal 22 Juli 2017, didiskusikan bagaimana Dahlan Iskan melewati masa-masa sulit dalam kemiskinan dan perjalanan karirnya hingga sukses seperti sekarang. Narasumber menyatakan bahwa kemiskinan bukan penderitaan dan harus dijalani. Beberapa pendapat yang sejalan adalah pendapat Khrisna Pabhicara yang inti pendapatnya adalah kemiskinan bukan halangan untuk mencapai kesuksesan.

dari berbagai stasiun tv, seperti TV One (Apa Kabar Indonesia), Metro TV (Kick Andy), dan juga Trans TV (Dr. Oz). Dari setiap contoh tersebut juga akan kita lengkapi dengan kesimpulan dari dialog interaktif yang ada pada masing-masing acara talk show tersebut. Dialog Interakti biasanya dilakukan ketika sedang ada topik yang memang sedang hangat diperbincangkan. Perbincangan pada dialog interaktif di tv biasanya membicarakan suatu hal yang memang penting untuk diketahui oleh masyarakat, contoh topiknya adalah pendidikan, keadaan negara baik itu politik ataupun militer. Dan pada perbincangan tersebut pihak dari stasiun tv yang terkait biasanya akan mengundang seorang pakar yang memang sudah handal di bidangnya.

CONTOH TEKS DIALOG INTERAKTIF DI TV SINGKAT

1. CONTOH DIALOG INTERAKTIF DI TV (TRANS TV / DR. OZ)

Topik              : Mabuk Perjalan
Narasumber   : dr. Ryan Thamrin
Bintang Tamu : Tya Aristya
contoh dialog interaktif metro tv mata najwa
Percakapan
  • dr. Ryan          : “Masih di DR. OZ Indonesia. Kita akan bicara mengenai mabuk.”
    Tya                  : “Ha? Mabuk?”
  • dr. Ryan          : “Mabuk perjalanan.”
    Tya                  : “Iya bener.”
  • dr. Ryan          : “Bicara masalah mabuk perjalanan, nah ini kan menjelang lebaran, tradisi gak bisa ditolak. Oke, bicara masalah mabuk, organ tubuh pada kita itu apa yang bermain kira-kira?”
    Tya                  : “Kepala kayaknya, pusing kan?”
  • dr. Ryan          : “Itu akibatnya pusing.”
    Tya                  : “Sama lambung, mual.”
  • dr. Ryan          : “Sama lambung mual, ya… Terus?”
    Tya                  : “Emm… Udah.”
  • dr. Ryan          : “Udah itu? Sebenarnya yang memegang kendali saat mabuk perjalanan adalah telinga bagian dalam. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat animasinya. Yuk minggir.Nah itu dia tu ya.” (menunjuk animasi gambar telinga)
    Tya                  : “Mirip.”
  • dr. Ryan          : “Pada dasarnya itu di dalam itu ada namanya labirin. Labirin ini saat kita bergerak ke depan ke belakang itu tu labirinnya akan ikut juga. Itu nama organnya labirin. Ke depan ke belakang ke kanan ke kiri. Kita akan lihat lebih dalam lagi, nah di dalam labirin itu ada cairan warna kuning, di cairan warna kuning itu ada rambut, rambut itu adalah reseptor, alat yang mendeteksi setiap gerakan kita. Apabila kita ke kiri, reseptor itu akan ke kiri. Jadi itu adalah pusat dari keseimbangan. Apabila ini mengalami gangguan atau tidak fokus itu akibatnya kita mabuk pejalanan. Pengen tahu?”
    Tya                  : “Mau dibawa kemana lagi aku dokter?”
  • dr. Ryan          : “Namanya juga kita mau perjalanan. Saya akan buat kamu mabuk, Tya. Saya akan kasih tau Anda, pemirsa di rumah dan penonton di studio, kenapa seseorang menjadi mabuk. Itu tadi udah ada animasinya, sekarang kita demo dengan kursi. Nah labirin itu tadi kan ikut bergerak, nah ternyata itu ada hubungannya dengan mata. Di saat saya gerakkan kursi ke kanan ke kiri ke kanan lagi ke kiri lagi, putar…” (menggerak-gerakkan kursi)
    Tya                  : “Aaa dokter… Waa puyeng…”
  • dr. Ryan          : “Kita putar lagi.”
    Tya                  : “Waa…”
  • dr. Ryan          : “Lagi…”
    Tya                  : “Aaa dokter… Ini udah puyeng ini dokter. Aduh dokter.”
  • dr. Ryan          : “Oke, nah ini ada kaitannya dengan mata. Biasanya kalau mata kita mengikuti sendor tubuh, yaitu bergerak ke kanan ke kiri ke depan ke belakang atau mutar itu tidak menimbulkan respons mabuk atau mual. Beda halnya kalau kamu sambil baca.”
    Tya                  : “Oke.”
  • dr. Ryan          : “Kan biasanya ini pemirsa, di saat kita perjalanan darat, laut, udara, tapi kalau udara sih jarang ya kalau mabuk. Tapi ada beberapa orang yang sensitif  juga mabuk terutama yang darat. Kadang-kadang ya boring, 30 hari perjalanan pulang kampung.”
    Tya                  : “Ha? Jauh banget?”
  • dr. Ryan          : “Wah, jauh ya… Kan boring tu berjam-jam, biasanya kan bawa buku sambil baca. Nah gerakan itu tadi sambil baca yuk.”
    Tya                  : “Huooo… Ini gimana baca ini dokter, nggak baca aja udah puyeng.”
  • dr. Ryan          : “Oke, nah Tya, kenapa kalau tadi mata dengan membaca itu mudah mabuk? Karena mata kita itu mensensor tubuh kita itu tidak bergerak. Sedangkan indra di labirin itu mensensor tubuh kita bergerak, jadi kayak ada tolak belakang. Itu yang mengakibatkan kita mabuk perjalanan lebih mudah terjadi. Gitu… jadi solusinya pertama, hindari membaca sambil di dalam mobil atau perjalanan. Yang kedua adalah…Boleh di sini, kasihan kamu duduk mulu.”
    Tya                  : “Haha, oke.”
  • dr. Ryan          : “ Yang kedua adalah apabila Anda lagi tidak puasa, ini bisa mengkonsumsi jahe, terutama permen. Karena apa? Permen itu dapat mengurangi gangguan pada sistem pencernaan seperti mual atau pusing.”
    Tya                  : “Permen jahe gitu…”
  • dr. Ryan          : “Permen jahe, ya… Atau yang ketiga adalah gelang tangan. Gelang tangan ini ada… Apa?”
    Tya                  : “Iket rambut.”
  • dr. Ryan          : “Iket rambut, kok gelang tangan. Ini ada kayak seperti memberi tekanan. Itu bisa diapaki sesuai warna kesenangan Anda mau pilih warna apa, kemudian ditekan di bagian sini, pelan-pelan aja…”
    Tya                  : “Deket urat ini?”
  • dr. Ryan          : “Iya, pelan… pelan… Itu mengurangi sensor atau istilahnya respons dari terjadinya mabuk perjalanan. Itu tadi Tya, beberapa solusi dari hal-hal yang biasanya mengakibatkan mabu
    Tya                  : “Aamiin. Tidak mabuk.”
  • dr. Ryan          : “Tidak mabuk.”
    Tya                  : “Lumayan tipsnya, dokter.”
  • dr. Ryan          : “Iya sama-sama.

Ok sekian yang bisa kami sajikan dalam artikel kali ini mengenai contoh dialog intraktif dalam sebuah acara tv yang tentu saja semoga bisa bermanfaat bagi sahabat, silahkan share ya.

Sidebar